NELVA HELDA YANTI (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DI KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017694PMT.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017694PMT.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017694PMT.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017694PMT.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017694PMT.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017694PMT.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017694PMT.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017694PMT.pdf Download (892kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017694PMT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017694PMT.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017694PMT.pdf Download (549kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa berbasis Problem Based Learning yang valid dan praktis serta mampu memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa pada materi prisma dan limas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kampar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E untuk kelompok kecil dan siswa kelas VIII-D untuk kelompok terbatas. Objek penelitian ini adalah lembar kerja siswa berbasis Problem Based Learning. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas untuk mengetahui tingkat kevalidan produk, angket uji praktikalitas untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk serta data hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa setelah menggunakan lembar kerja siswa berbasis Problem Based Learning. Hasil penelitian berasal dari data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa produk yang dikembangkan dinyatakan sangat valid pada uji coba perseorangan atau uji validitas dengan persentase keidealan adalah 84,68%. Hal ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan telah memenuhi syarat didaktik, syarat konstruksi, syarat teknis dan Problem Based Learning. Respon siswa terhadap penggunaan lembar kerja siswa yang dikembangkan sangat praktis dengan persentase 92,11% pada uji kelompok kecil dan 89,75% pada uji kelompok terbatas. Sedangkan persentase kemampuan penalaran matematis siswa setelah menggunakan lembar kerja siswa yang dikembangkan adalah 87,74% termasuk pada kategori tinggi. Hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa lembar kerja siswa berbasis Problem Based Learning ini layak dan sangat praktis digunakan serta mampu memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Problem Based Learning, Kemampuan Penalaran Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 04:39 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 04:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18199 |
Actions (login required)
View Item |