ELVI MAWADDAH (2017) PENERAPAN STRATEGI MENJALIN HUBUNGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 010 AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017680PGMI.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017680PGMI.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017680PGMI.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017680PGMI.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017680PGMI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017680PGMI.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017680PGMI.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017680PGMI.pdf Download (374kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017680PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017680PGMI.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017680PGMI.pdf Download (283kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Kewarganegaraan melalui penerapan strategi menjalin hubungan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 010 Air Tiris Kecamatan Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa kurang mencapai target yang ditentukan sekolah di antaranya ketika guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa hanya beberapa orang siswa yang mengambil kesempatan bertanya, siswa yang memberikan umpan balik hanya sedikit dalam berpatisipasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa pada mata pelajaran Kewarganegaraan. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi menjalin hubungan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian analisis data menunjukkan aktivitas belajar siswa sebelum tindakan hanya 48,39%. Kemudian setelah menerapkan strategi menjalin hubungan pada siklus I aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 66,36%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 80,18%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi menjalin hubungan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Kewarganegaraan di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 010 Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 04:01 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 04:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18143 |
Actions (login required)
View Item |