Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI GAMES GRAB THE TAIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 06 BELANTIK KECAMATAN SIAK

FITRI JANNAH. M (2017) PENERAPAN STRATEGI GAMES GRAB THE TAIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 06 BELANTIK KECAMATAN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017675PGMI.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017675PGMI.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017675PGMI.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017675PGMI.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017675PGMI.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017675PGMI.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017675PGMI.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017675PGMI.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017675PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017675PGMI.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017675PGMI.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan strategi games grab the tail di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 06 Belantik Kecamatan Siak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Banyak siswa yang masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 75. Hal ini terlihat dari ketuntasan hasil belajar siswa yaitu hanya 10 orang siswa yang tuntas dari 23 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 06 Belantik Kecamatan Siak. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi games grab the tail dan hasil belajar. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa strategi games grab the tail dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan hasil belajar siswahanya 43,48%. Kemudian setelah menerapkan strategi games grab the tail hasil belajar meningkat menjadi 70,21%. Pada siklus II hasil belajar meningkat menjadi 82,61%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi games grab the tail dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 06 Belantik KecamatanSiak. Kata Kunci : Penerapan Strategi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 26 Aug 2019 03:51
Last Modified: 26 Aug 2019 03:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18129

Actions (login required)

View Item View Item