MUNIRA ALFISYAHRINA (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DINIYAH PUTERI PEKANBARU DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017653PMT.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017653PMT.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017653PMT.pdf Download (610kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017653PMT.pdf Download (519kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017653PMT.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017653PMT.pdf Download (643kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017653PMT.pdf Download (696kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017653PMT.pdf Download (634kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017653PMT.pdf Restricted to Repository staff only Download (761kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017653PMT.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017653PMT.pdf Download (474kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode IMPROVE berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa MTs Diniyah Puteri Pekanbaru jika ditinjau dari kemampuan awal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Diniyah Puteri Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 224 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII, dengan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode IMPROVE dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan instrument tes. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh: 1) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan metode IMPROVE dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung; 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa berkemampuan awal tinggi yang diajar dengan metode IMPROVE dengan siswa berkemampuan awal tinggi yang diajar dengan pembelajaran langsung; 3) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa berkemampuan awal sedang yang diajar dengan metode IMPROVE antara siswa berkemampuan awal sedang yang diajar dengan pembelajaran langsung; dan 4) Tidak terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa berkemampuan awal rendah yang diajar dengan metode IMPROVE antara siswa berkemampuan awal rendah yang diajar dengan pembelajaran langsung. Secara umum diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang diterapkan metode IMPROVE dan siswa yang diterapkan pembelajaran langsung. Hal ini terlihat dari uji tes “t” menggunakan uji chi kuadrat t didapat sebesar 2,12 yang berarti lebih besar dari ttable pada taraf signifikan 5% yaitu 2,01. Dari perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode IMPROVE berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas MTs Diniyah Pekanbaru. Kata kunci : Metode IMPROVE, Kemampuan Representasi matematis, Kemampuan Awal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 02:38 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 02:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18088 |
Actions (login required)
View Item |