YONA SEFTRIANA, 11217204356 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
1. COVER.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (560kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB IV.pdf Download (779kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB V.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (341kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kimia siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif teknik the learning cell terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan hidrokarbon kelas X di SMAN 1 Kampar Timur. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen yang dilakukan di SMAN 1 Kampar Timur. Desain penelitian ini yaitu quasy experimental dengan tipe pretest postest control group design. Model pembelajaran kooperatif teknik the learning cell sebagai variabel bebas sedangkan hasil belajar merupakan variabel terikat. Sampel terdiri dari dua kelas yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal, pretest dan postest sebagai data akhir dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 82.67 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata adalah 73.94. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung (3,02) > ttabel (2,00) yang berarti hipotesis Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif teknik the learning cell terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X SMAN 1 Kampar Timur dengan koefisien pengaruh sebesar 13%. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Teknik The Learning Cell, Hasil Belajar, Hidrokarbon.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 08:38 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 08:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18049 |
Actions (login required)
View Item |