NILUL RAHMA UMAIROH (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TIPE SSCS (Search, Solve, Create, and Share) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN FARMASI IKASARI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017643PK.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017643PK.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017643PK.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017643PK.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017643PK.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017643PK.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017643PK.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017643PK.pdf Download (654kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017643PK.pdf Restricted to Repository staff only Download (758kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017643PK.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017643PK.pdf Download (405kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang dilatarbelakangi oleh hasil belajar kimia siswa kelas X Farmasi SMKF Ikasari Pekanbaru pada mata pelajaran kimia khususnya pada materi pokok konsep mol masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Solving tipe SSCS (Search, Solve, Create, and Share) terhadap hasil belajar siswa kelas X Farmasi SMKF Ikasari Pekanbaru. Rancangan penelitian menggunakan pretes dan postes, dengan jumlah sampel2 kelas yaitu kelas X4 (kelas eksperimen) berjumlah 36 dan kelas X4(kelas kontrol) berjumlah 36. Teknik pengumpulan data dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu hukum-hukum dasar kimia, pretes dan postes sebagai data akhir, serta dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 6,91 dan ttabel = 1,671 dan menunjukkan thitung> ttabel. Sehingga Ho ditolakdan Ha diterima, untuk koefisien pengaruh diuji menggunakan koefisien determinasi (r ) dan kemudian dihitung menggunakan uji koefisien pengaruh (Kp) yang didapatkan pengaruh sebesar 40,55% yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Solving tipe SSCS (Search, Solve, Create, and Share) terhadap hasil belajar siswa SMKF Ikasari Pekanbaru. 2 Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Solving, SSCS (Search, Solve, Create, and Share, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 07:15 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 07:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18005 |
Actions (login required)
View Item |