SITI NURKHASANAH, 1121520157 (2017) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI QUANTUM TEACHING DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA SEDERHANA STYROFOAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH TAUFIQ WALHIDAYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (756kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (552kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (648kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (841kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (694kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (439kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman konsep dasar pembelajaran matematika dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemahaman konsep siswa MTs Taufiqwalhidayah pekanbaru yang belajar menggunakan strategi quantum teaching dengan bantuan alat peraga sederhana styrofoam dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa dengan mengunakan alat peraga sederhana styrofoam yang diterapkan strategi quantum teaching dengan pemahaman konsep siswa dengan diterapkan pembelajaran konvensional siswa di MTs Taufiqwalhidayah Pekanbaru?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah non equivalent control group design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Taufiq walhidayah Pekanbaru, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pemahamn konsep siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu satu kali pertemuan pretest, empat kali pertemuan dengan menggunakan strategi quantum teaching dengan menggunakan alat peraga sederhana styrofoam, dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus uji “t” untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai thitung sebesar 2.27 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% = 2.02 maka thitung ≥ ttabel atau 2.27 ≥ 2.02, ini berati bahwa ha diterima dan ho ditolak. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan pemahamn konsep siswa dengan menggunakan strategi Quantum Teaching dengan bantuan alat peraga Styrofoam dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di MTs Taufiqwalhidayah Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 03:12 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 03:12 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17969 |
Actions (login required)
View Item |