Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU

RANI NOVIANA, 11217201566 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU. Laporan thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (493kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh motivasi belajar yang rendah yang ditandai dengan proses pembelajaran masih terpusat pada guru, siswa tidak berani mengeluarkan pendapat pada saat pembelajaran, siswa sering keluar masuk pada saat pembelajaran serta hasil belajar siswa dalam pelajaran kimia masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di SMA Negeri 7 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling, sehingga didapat dua kelas yaitu kelas X7 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas X6 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil analisis deskriptif menunjukkan motivasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dimana persentase motivasi belajar kelas eksperimen sebesar 77,78% sedangkan kelas kontrol 67,57%. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung (6,92) > ttabel (1,66) yang berarti hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 7 Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Laporan)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 23 Aug 2019 02:53
Last Modified: 23 Aug 2019 02:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17959

Actions (login required)

View Item View Item