RANI NOVIANA, 11217201566 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU. Laporan thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (493kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh motivasi belajar yang rendah yang ditandai dengan proses pembelajaran masih terpusat pada guru, siswa tidak berani mengeluarkan pendapat pada saat pembelajaran, siswa sering keluar masuk pada saat pembelajaran serta hasil belajar siswa dalam pelajaran kimia masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di SMA Negeri 7 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling, sehingga didapat dua kelas yaitu kelas X7 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas X6 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil analisis deskriptif menunjukkan motivasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dimana persentase motivasi belajar kelas eksperimen sebesar 77,78% sedangkan kelas kontrol 67,57%. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung (6,92) > ttabel (1,66) yang berarti hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 7 Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Laporan) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 02:53 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 02:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17959 |
Actions (login required)
View Item |