FITRI MEI SAROH (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017636PK.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017636PK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017636PK.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017636PK.pdf Download (524kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017636PK.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017636PK.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017636PK.pdf Download (651kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017636PK.pdf Download (629kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017636PK.pdf Restricted to Repository staff only Download (942kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017636PK.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017636PK.pdf Download (471kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Advance Organizer menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi sistem koloid. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2017 di SMA Negeri 7 Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent (pretest and posttest) control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel diambil secara acak dari tiga kelas yang telah diuji homogenitas. Kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 2 dan kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 1. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Tes hasil belajar berupa tes objektif berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, kesukaran, dan daya beda. Analisis data pada kedua kelompok menggunakan uji t, diperoleh nilai thitung = 3,4 dan ttabel pada nilai db 69 dan taraf signifikan 5%, = 1.99, maka t hitung> t tabel atau 3,4 > 1,99, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Advance Organizer menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi sistem koloid, dengan peningkatan sebesar 14%. Kata Kunci: Advance Organizer, Peta Konsep, Hasil Belajar, Sistem Koloid
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 07:52 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 07:52 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17869 |
Actions (login required)
View Item |