Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISA PERFORMANSI PENGENDALI PADA KECEPATAN MOTOR INDUKSI TIGA FASA MENGGUNAKAN METODE HARRIOT DENGAN PENGENDALI HYBRID SMC DAN PID

HARMAN (2017) ANALISA PERFORMANSI PENGENDALI PADA KECEPATAN MOTOR INDUKSI TIGA FASA MENGGUNAKAN METODE HARRIOT DENGAN PENGENDALI HYBRID SMC DAN PID. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR IS1.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (955kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Motor Induksi adalah motor yang banyak ditemui di industri karena memiliki perawatan yang relatif murah dan kekokohan pada mekaniknya. Namun pada motor Induksi memiliki kekurangan yaitu pengaturan kecepatan yang susah, maka dibutuhkan suatu pengendali yang kokoh, salah satunya adalah pengendali SMC. Pengendali SMC adalah pengendaliyang terkenal dengan kekokohannya dalam mengatasi gangguan, namun pengendali SMC memiliki kelemahan diantaranyachattering. Pada aplikasinya nilai chatteringpada pengendali SMC mampu memicu terjadinya error steady statedan overshoot, salah satu pengendali yang mampu mengatasi error steady statedan overshootadalah pengendali PID. Berdasarkan hasil simulasi dengan pengendali hybridSMC dan PID dalam pengaturan kecepatan motor Induksi TigaFasa didapatkan pengendali hybridSMC dan PID mampu mengatasi kelemahan pada pengendali SMCdan memiliki kekokohan dalam mengatasi gangguan. Terbukti dengan overshootpada beban minimal 0%, beban nominal 0,01% dan beban maksimal 0,01% tanpa error steady state, waktu transien cepat dan kokoh dengan waktu konstant pada beban minimal 0,5727 detik, nominal 0,5725 detik dan maksimal 0,5735 detik sertakokoh terhadap gangguan pada sinyal kendali dengan gangguan pada daerah pertama, kedua dan ketiga dengan nilai masing-masing overshoot0,11 % pada detik ke 14,2405, 0,5% , detik ke 22 dan 0,88 % detik ke 37tanpa error steady state..Kata kunci: Motor Induksi Tiga Fasa, kecepatan putar (RPM), metode Harriot, SMC, hybridSMC dan PID.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: Ms. Nilam Badriyah
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:42
Last Modified: 21 Aug 2019 04:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17828

Actions (login required)

View Item View Item