Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KLASIFIKASI KELUHAN MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE(SVM) (STUDI KASUS : AKUN FACEBOOK GROUP IRAISE HELPDESK)

FATMAWATI (2017) KLASIFIKASI KELUHAN MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE(SVM) (STUDI KASUS : AKUN FACEBOOK GROUP IRAISE HELPDESK). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (933kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB IV.pdf

Download (855kB) | Preview
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
11. BAB VI.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

FacebookGroupiRaise Helpdesk merupakan salah satu layanan media sosial yangdigunakan pihak PTIPD UIN SuskaRiau sebagai layanan pelanggan (customerservices) sistem akademik. Mengingat sistemakademik baru mengalami peralihan yang sebelumnya bernama SIMAK menjadi iRaise, sehingga masih adapermasalahan-permasalahan yang ditimbulkan, dan menjadi keluhanbagi penggunanya. Untuk pengolahan data keluhan, pihak PTIPD masih menggunakan proses manual dengan menggunakan microsoftworddan excel. Sehingga pada penelitian ini akan dilakukan pengklasifikasian permasalahan sistem iRaise padakategori multiclassyaitu:login, krs, nilai dan personal. Klasifikasi dilakukan dengan menggunakan metode Support Vector Machine (SVM)dengan kernel RBFdanparemeter yang digunakan adalah Cdan γ.Jumlahdataset sebanyak 1040 data keluhan dan dibagi 260 dataset pada masing-masing kategori. Pengujian dilakukanmenggunakan aplikasi RapidMinerdan diuji dengan menggunakan 10-Foldcross validationdan diukur dengan confussionmatrixuntuk evaluasi hasil. Dari hasil uji coba aplikasi menunjukkan akurasi tertinggi sebesar 95.67% pengujiantanpa menggunakan featureselectionpada titik C= 2 dan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Ms. Nilam Badriyah
Date Deposited: 21 Aug 2019 02:30
Last Modified: 21 Aug 2019 02:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17806

Actions (login required)

View Item View Item