NAVISA, 11217200168 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KUOK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
1. COVER.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (670kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (654kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (740kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (542kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (697kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (469kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh keaktifan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi bahwa model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) memberikan pengaruh terhadap aktivitas belajar kimia siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di Madrasah Aliyah Negeri Kuok. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X.1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 29 siswa yang diterapkan model pembelajaran POE dan kelas X.3 sebagai kelas kontrol berjumlah 31 siswa dengan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara, uji normalitas dari pengamatan lembar observasi serta dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan uji t-test. Hasil pengolahan data diperoleh nilai thitung = 2,200 dan ttabel = 2,00 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas belajar kimia siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di Madrasah Aliyah Negeri Kuok. Besar pengaruh penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) ini dihitung menggunakan rumus Koefisien Pengaruh (Kp) yaitu 7,7%. Kata Kunci: Model Predict Observe Explain (POE), Aktivitas Belajar, Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 02:06 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 02:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17802 |
Actions (login required)
View Item |