YASIR ARAFAT, 11217104371 (2017) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (555kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (777kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (779kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimen yang dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia adalah dengan cara menggunakan strategi pembelajaran Learning Start With A Question dengan menggunakan metode Index Card Match. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh strategi pembelajaran Learning Start With A Question dengan menggunakan metode Index Card Match terhadap hasil belajar kimia pada mata pelajaran hidrokarbon kelas X Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Rancangan penelitian menggunakan desain pretest dan posttest, dimana kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Dimana strategi pembelajaran Learning Start With A Question dengan menggunakan metode Index Card Match sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan uji homogenitas sebagai data awal, pretest dan posttest sebagai data akhir. Dimana hasil perhitungan data akhir menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 2,08 > ttabel = 2,0 yang berarti hipotesis Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Learning Start With A Question dengan menggunakan metode Index Card Match berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru dengan koefisien pengaruh sebesar 7,68%. Kata kunci: Strategi pembelajaran, Learning Start With A Question, Index Card Match, Hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 03:07 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 03:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17665 |
Actions (login required)
View Item |