Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH IMPLEMENTASI MEDIA ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TEMBILAHAN

MUHAMMAD SAYUTI, 11217104472 (2017) PENGARUH IMPLEMENTASI MEDIA ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TEMBILAHAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (752kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Tembilahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa X IPA SMA Negeri 1 Tembilahan melalui penerapan media pembelajaran animasi pada pokok bahasan Struktur Atom. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan pre-test dan post-test, dimana populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Tembilahan tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan uji bartlet, yang mana kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan media pembelajaran animasi dan kelas X IPA 5 sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes kognitif kimia, dokumentasi, dan observasi keterampilan berpikir kritis siswa. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji “t”, dimana hasil dari perhitungan diperoleh thitung = 2,65 pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,01 menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan untuk besarnya peningkatan Koefesien pengaruh (Kp) adalah 12%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan media pembelajaran animasi terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : Media Animasi, Keterampilan Berpikir Kritis, Struktur Atom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:55
Last Modified: 20 Aug 2019 02:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17658

Actions (login required)

View Item View Item