MUHAMMAD SAYUTI, 11217104472 (2017) PENGARUH IMPLEMENTASI MEDIA ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TEMBILAHAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (608kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (688kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (830kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (752kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (876kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (343kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Tembilahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa X IPA SMA Negeri 1 Tembilahan melalui penerapan media pembelajaran animasi pada pokok bahasan Struktur Atom. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan pre-test dan post-test, dimana populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Tembilahan tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan uji bartlet, yang mana kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan media pembelajaran animasi dan kelas X IPA 5 sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes kognitif kimia, dokumentasi, dan observasi keterampilan berpikir kritis siswa. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji “t”, dimana hasil dari perhitungan diperoleh thitung = 2,65 pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,01 menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan untuk besarnya peningkatan Koefesien pengaruh (Kp) adalah 12%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan media pembelajaran animasi terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : Media Animasi, Keterampilan Berpikir Kritis, Struktur Atom.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 02:55 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 02:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17658 |
Actions (login required)
View Item |