Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Implementasi Pendidikan Informal Dan Non Formal Dalam Pendidikan Agama Islam Menurut Buya Hamka (Tela’ah Buku Lembaga Hidup Karya Buya Hamka)

Dwi Restiana (2018) Implementasi Pendidikan Informal Dan Non Formal Dalam Pendidikan Agama Islam Menurut Buya Hamka (Tela’ah Buku Lembaga Hidup Karya Buya Hamka). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. 2018131TPAI_COVER.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 2018131TPAI_PENGESAHAN.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 2018131TPAI_KATA PENGANTAR.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 2018131TPAI_DAFTAR ISI.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 2018131TPAI_ABSTRAK.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 2018131TPAI_BAB I.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 2018131TPAI_BAB II.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 2018131TPAI_BAB III.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text
9. 2018131TPAI_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img]
Preview
Text
10. 2018131TPAI_BAB V.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 2018131TPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Kata kunci: Pendidikan Informal dan Non Formal, Pendidikan Agama Islam Pendidikan keluarga merupakan pendidikan informal. Di lingkungan keluarga pendidikan anak diarahkan dalam rangka penanaman keagamaan dan membentuk anak yang shalih dan shalihah. Peranan yang sangat penting dalam pendidikan di dalam keluarga adalah peranan orang tua. Dalam pembentukan perilaku, sikap dan kebiasaan, penanaman nilai dan perilaku-perilaku lainnya pengaruh keluarga sangatlah kuat dan bersifat langsung. Menurut Hamka, akhlak anak didik dapat dikatakan sebagai cerminan dari bentuk akhlak masyarakat dimana ia berada. Hal ini karena kehidupan setiap anggota masyarakat dalam komunitas sosial, merupakan miniatur kebudayaan yang akan dilihat dan kemudian dicontoh oleh setiap anak didik. Eksistensinya masyarakat merupakan laboratorium dan sumber makro yang penuh alternatif untuk memperkaya pelaksanaan proses pendidikan. Dan pokok-pokok pendidikan agama anak inilah yang menjadi tanggung jawab orang tua dan masyarakat di rumah. Oleh karena itu penulis menela’ah dari buku Lembaga Hidup ini, Hamka menjelaskan peranan pendidikan informal dan non formal dengan konsep dan bentuk pelaksanaannya dalam pendidikan Agama Islam. Adapun Jenis penelitian yang peneliti lakukan merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) yang merupakan bagian dari penelitian kualitatif. Penelitian kepustakaan digunakan untuk memecahkan problem penelitian yang bersifat konseptial-teoritis, baik tentang tokoh pendidikan atau konsep pendidikan tertentu. Data diperoleh dari dengan menelusuri buku-buku yang disusun oleh Hamka. Dalam menafsirkan teks yang tertuang di berbagai karya tulis Hamka, peneliti menggunakan metode analisis isi atau content analysis. Metode ini digunakan mendeskripsikan pendekatan analisis yang khusus. Berdasarkan data yang telah penulis telaah dan analisis maka hasilnya dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Dalam pandangan Hamka, pendidikan di sekolah tidak bisa lepas dari pendidikan di rumah. Pendidikan yang pertama dan utama, keluargalah memegang peranan utama dan memegang tanggung jawab terhadap pendidikan anak-anaknya. Masyarakat merupakan lembaga pendidikan yang sangat luas dan berpengaruh dalam proses pembentukan kepribadian seorang anak. 2) bentuk-bentuk pendidikan informal dan pendidikan non formal menurut Buya Hamka tela’ah buku lembaga hidup adalah dengan meletakkan dasar-dasar bagi perkembangan anak seperti pengalaman masa kanak-kanak, menjamin kehidupan emosional anak, menanamkan dasar pendidikan moral, memberikan dasar pendidikan sosial, dan peletakkan dasar-dasar agama.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:58
Last Modified: 20 Aug 2019 02:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17654

Actions (login required)

View Item View Item