ANI SUKESIH (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA NERACA BILANGAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AZIZIYYAH KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017580PGMI.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017580PGMI.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017580PGMI.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017580PGMI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017580PGMI.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017580PGMI.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017580PGMI.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017580PGMI.pdf Download (477kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017580PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (733kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017580PGMI.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017580PGMI.pdf Download (303kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas II SD IT Aziziyyah Pekanbaru melalui penerapan media neraca bilangan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan media neraca bilangan dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi teknik analisis data ini adalah menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media neraca bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum tindakan diperoleh hasil belajar siswa rata-rata 63,25%. Kemudian setelah menerapkan media neraca bilangan pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 71,25%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan ratarata 81,87%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media neraca bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas II Sekolah Islam Terpadu Aziziyyah Kecamatan Tampan Pekanbaru. Kata Kunci: Media neraca bilangan, Hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 19 Aug 2019 06:41 |
Last Modified: | 19 Aug 2019 06:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17537 |
Actions (login required)
View Item |