ISMANISA (2017) KORELASI KEMAMPUAN METAKOGNISI DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI LARUTAN PENYANGGA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI KUOK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017576PK.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017576PK.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017576PK.pdf Download (621kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017576PK.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017576PK.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017576PK.pdf Download (669kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017576PK.pdf Download (795kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017576PK.pdf Download (616kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017576PK.pdf Restricted to Repository staff only Download (846kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017576PK.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017576PK.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017576PK.pdf Download (369kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan metakognisi merupakan kemampuan seseorang dalam mengontrol proses berpikirnya. Proses berpikir biasa terjadi ketika aktivitas belajar berlangsung, sehingga kemampuan metakognisi berkaitan erat dengan aktivitas belajar siswa sehingga berhubungan dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan metakognisi dengan hasil belajar kimia siswa Madrasah Aliyah Negeri Kuok pada materi Larutan Penyangga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Kuok yang berjumlah 65 orang siswa. Dengan mengambil sampel menggunakan metode Krejcie dan Morgan dari anggota populasi maka didapatkan sampel berjumlah 56 orang siswa. Data kemampuan metakognisi siswa diperoleh dari pengerjaan instrumen Metacognitive Awareness Inventory (MAI) dan observasi siswa, sedangkan data hasil belajar diperoleh dari nilai hasil ulangan kimia materi Larutan Penyangga. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistik korelasi product moment. Hasil dari uji validasi angket kemampuan metakognisi diperoleh 40 butir instrumen yang dinyatakan valid dari 52 butir instrumen yang diuji cobakan. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh nilai r11 sebesar 0,919. Hasil pengujian hipotesis, terdapat hubungan antara kemampuan metakognisi dengan hasil belajar kimia materi Larutan Penyangga. Hal ini diperoleh rhitung sebesar 0,539 ≥ rtabel 0,263 dengan signifikansi 0,05 dan N = 56 menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan metakognisi dengan hasil belajar kimia materi Larutan Penyangga siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Kuok. Kata Kunci: Kemampuan Metakognisi, Hasil Belajar, Larutan Penyangga.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 19 Aug 2019 06:29 |
Last Modified: | 13 Sep 2019 05:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17529 |
Actions (login required)
View Item |