FEBRIANI SIREGAR (2017) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN HEURISTIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017573PMT.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017573PMT.pdf Download (644kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017573PMT.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017573PMT.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017573PMT.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017573PMT.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017573PMT.pdf Download (633kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017573PMT.pdf Download (571kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017573PMT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017573PMT.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017573PMT.pdf Download (360kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh kendala yang muncul, yaitu belum tersedianya bahan ajar berupa modul untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk menghasilkan modul matematika berbasis pendekatan heuristik yang valid, praktis dan mampu memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian adalah dosen dan guru sebagai subjek validitas serta peserta didik kelas VII MTs Darul Hikmah Pekanbaru sebagai subjek praktikalitas dan uji kemampuan pemecahan masalah matematis. Objek penelitian adalah modul matematika berbasis pendekatan heuristik dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan tergolong sangat valid (88,3%), praktis (74,45%) serta mampu memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan tingkat penguasaan sedang (77,07%). Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Modul, Pendekatan Heuristik, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 19 Aug 2019 06:12 |
Last Modified: | 19 Aug 2019 06:12 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17524 |
Actions (login required)
View Item |