Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 BUNGARAYA

OKTAGIATI, 11215202571 (2017) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 BUNGARAYA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (750kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bungaraya yang belajar menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dengan menggunakan alat peraga dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada perbedaan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bungaraya yang belajar menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dengan menggunakan alat peraga dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bungaraya, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematis siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu satu kali pertemuan pretest, empat kali pertemuan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) dengan menggunakan alat peraga, dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postest. Analisisi yang digunakan untuk melihat hasil penelitian tersebut yaitu, uji Chi-kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus uji “t” untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai thitung sebesar 3.89093 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% = 2.01 maka thitung ≥ ttabel atau 3.89093 ≥ 2.01, ini berati bahwa ha diterima dan ho ditolak. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bungaraya yang belajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dengan menggunakan alat peraga dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dengan menggunakan alat peraga terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bungaraya. viii ABSTRACT Oktagiati, (2017): The Implementation of Contextual Teaching and Learning Approach with Media toward Students’ Mathematic Concept Comprehension at State Junior High School 1 Bungaraya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:11
Last Modified: 19 Aug 2019 04:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17490

Actions (login required)

View Item View Item