USWATUN KHASANAH (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KIMIA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017548PK.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017548PK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017548PK.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017548PK.pdf Download (607kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017548PK.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017548PK.pdf Download (778kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017548PK.pdf Download (672kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017548PK.pdf Download (582kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017548PK.pdf Restricted to Repository staff only Download (815kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017548PK.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017548PK.pdf Download (453kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 7 Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran discovery learning disertai lembar kerja siswa (LKS) yang dilaksanakan pada bulan April 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, sampel diambil secara acak dari tiga kelas yang telah diuji homogenitas. Kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 3 dan kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 1. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Nilai rata-rata selisih pretest dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 52,57 dan 45.56. Kedua data dilakukan uji t untuk membuktikan kebenaran hipotesis. Kedua kelas berada pada distribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai thitung = 3,8 dan ttabelpada nilai db 69 dan taraf signifikan 5%, = 1.99, artinya t hitung> t tabel atau 3,8> 1,99, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, yaitu terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning disertai lembar kerja siswa (LKS) terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, dengan peningkatan sebesar 17%. Kata Kunci : Discovery Learning, Lembar Kerja Siswa (LKS) , Hasil Belajar, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 16 Aug 2019 07:41 |
Last Modified: | 16 Aug 2019 07:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17461 |
Actions (login required)
View Item |