Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KIMIA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU

USWATUN KHASANAH (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KIMIA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017548PK.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017548PK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017548PK.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017548PK.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017548PK.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017548PK.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017548PK.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017548PK.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017548PK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (815kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017548PK.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017548PK.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 7 Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran discovery learning disertai lembar kerja siswa (LKS) yang dilaksanakan pada bulan April 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, sampel diambil secara acak dari tiga kelas yang telah diuji homogenitas. Kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 3 dan kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 1. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Nilai rata-rata selisih pretest dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 52,57 dan 45.56. Kedua data dilakukan uji t untuk membuktikan kebenaran hipotesis. Kedua kelas berada pada distribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai thitung = 3,8 dan ttabelpada nilai db 69 dan taraf signifikan 5%, = 1.99, artinya t hitung> t tabel atau 3,8> 1,99, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, yaitu terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning disertai lembar kerja siswa (LKS) terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, dengan peningkatan sebesar 17%. Kata Kunci : Discovery Learning, Lembar Kerja Siswa (LKS) , Hasil Belajar, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 16 Aug 2019 07:41
Last Modified: 16 Aug 2019 07:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17461

Actions (login required)

View Item View Item