Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THREE STAY ONE STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU

IZZATIL MAWADDAH (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THREE STAY ONE STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER _2017537PGMI.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017537PGMI.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017537PGMI.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017537PGMI.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017537PGMI.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017537PGMI.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017537PGMI.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017537PGMI.pdf

Download (450kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017537PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017537PGMI.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017537PGMI.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif three stay one stray di kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM yang sudah ditetapkan sekolah yaitu 80. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 37 Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif three stay one stray dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik penelitian deskriptif dan perhitungan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif three stay one stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 46,43%. Setelah siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 60,71%, dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 78,57%. Dengan demikian, penerapan pembelajaran kooperatif three stay one stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Three Stay One Stray, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 16 Aug 2019 07:10
Last Modified: 16 Aug 2019 07:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17448

Actions (login required)

View Item View Item