Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA MTs-TI BATU BELAH

Urwatil Usqo, - (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA MTs-TI BATU BELAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. PENGESAHAN.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. PENGHARGAAN.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. BAB II.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. BAB III.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
09. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model Experiental learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran yang tidak menerapkan model Experiental learning berdasarkan pengetahuan awal tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas IX MTs-TI Batu Belah. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen dengan desain penelitian Two-Group Posttest Only. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs-TI Batu Belah. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Porposive Sampling, terpilih kelas IX-C sebagai kelas eksperimen yang diberikan model Experiental learning dan kelas IX-B sebagai kelas kontrol yang tidak menerapkan model Experiental learning. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur pengetahuan awal matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Berdasarkan hasil analis data dapat disimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model Experiental learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran yang tidak menerapkan model Experiental learning; 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa berkemampuan awal tinggi yang mengikuti pembelajaran yang menerapkan model Experiental learning dengan siswa berkemampuan awal tinggi yang mengikuti pembelajaran yang tidak menerapkan model Experiental learning; 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa berkemampuan awal sedang yang mengikuti pembelajaran dengan model Experiential Learning dengan siswa berkemampuan awal sedang yang mengikuti pembelajaran yang tidak menerapkan model Experiential Learning; 4) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa berkemampuan awal rendah yang mengikuti pembelajaran dengan model Experiential Learning dengan siswa berkemampuan awal rendah yang mengikuti pembelajaran yang tidak menerapkan model Experiential Learning. Kata Kunci: Model Experiential Learning, Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Awal Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 30 Jul 2019 03:47
Last Modified: 30 Jul 2019 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16961

Actions (login required)

View Item View Item