Rizaldi, - (2019) PERAN GURU EKONOMI SEBAGAI FASILITATOR DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
01. COVER.pdf Download (640kB) | Preview |
|
|
Text
02. pengesahan.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text (abstrak)
03. abstrak.pdf - Published Version Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
04. Penghargaan-1 sekjur.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
05. Daftar Isi.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
06. BAB 1.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
07. BAB 2.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
08. BAB 3.pdf Download (281kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
09. BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB 5.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru mata pelajaran Ekonomi sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 4 Pekanbaru. Hal itu dipicu oleh guru mata pelajaran Ekonomi yang kurang menggunakan fasilitas yang mendukung proses pembelajaran, mereka tidak peduli dengan suasana belajar di kelas, dan mereka tidak terampil menggunakan media pembelajaran. Itu adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dua orang guru mata pelajaran Ekonomi, dan objeknya adalah peran guru mata pelajaran Ekonomi sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran mata pelajaran Ekonomi. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah teknik pengumpulan data. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu persentase. Berdasarkan temuan penelitian, diperoleh bahwa peran guru mata pelajaran Ekonomi sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran tentang mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 4 Pekanbaru berada pada kategori baik, persentase siswa kelas sebelas MIA 1 adalah 78 %, persentase siswa MIA 3 adalah 77,75%, dan persentase berada pada kategori baik untuk informan yang mengajar di siswa kelas sebelas MIA 1 dan 3. Dapat disimpulkan bahwa pengamatan keseluruhan tentang peran mata pelajaran Ekonomi guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran mata pelajaran Ekonomi mencapai 77,87% persentase yang berada pada interval 61% -80% dan berada pada kategori baik. Kata kunci: Peran Guru, Fasilitator
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 30 Jul 2019 03:32 |
Last Modified: | 30 Jul 2019 03:32 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16955 |
Actions (login required)
View Item |