Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN GURU EKONOMI SEBAGAI FASILITATOR DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 PEKANBARU

Rizaldi, - (2019) PERAN GURU EKONOMI SEBAGAI FASILITATOR DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. pengesahan.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
03. abstrak.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. Penghargaan-1 sekjur.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. Daftar Isi.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. BAB 1.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. BAB 2.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. BAB 3.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
09. BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB 5.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru mata pelajaran Ekonomi sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 4 Pekanbaru. Hal itu dipicu oleh guru mata pelajaran Ekonomi yang kurang menggunakan fasilitas yang mendukung proses pembelajaran, mereka tidak peduli dengan suasana belajar di kelas, dan mereka tidak terampil menggunakan media pembelajaran. Itu adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dua orang guru mata pelajaran Ekonomi, dan objeknya adalah peran guru mata pelajaran Ekonomi sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran mata pelajaran Ekonomi. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah teknik pengumpulan data. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu persentase. Berdasarkan temuan penelitian, diperoleh bahwa peran guru mata pelajaran Ekonomi sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran tentang mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 4 Pekanbaru berada pada kategori baik, persentase siswa kelas sebelas MIA 1 adalah 78 %, persentase siswa MIA 3 adalah 77,75%, dan persentase berada pada kategori baik untuk informan yang mengajar di siswa kelas sebelas MIA 1 dan 3. Dapat disimpulkan bahwa pengamatan keseluruhan tentang peran mata pelajaran Ekonomi guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran mata pelajaran Ekonomi mencapai 77,87% persentase yang berada pada interval 61% -80% dan berada pada kategori baik. Kata kunci: Peran Guru, Fasilitator

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 30 Jul 2019 03:32
Last Modified: 30 Jul 2019 03:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16955

Actions (login required)

View Item View Item