Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia di SMP Se-Kecamatan Sekupang Kota Batam. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Joko Pramono (2018) Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia di SMP Se-Kecamatan Sekupang Kota Batam. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. 201878TMPI_COVER TESIS.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 201878TMPI_PENGESAHAN.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 201878TMPI_KATA PENGANTAR.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 201878TMPI_DAFTAR ISI.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 201878TMPI_ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 201878TMPI_BAB I.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 201878TMPI_BAB II.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 201878TMPI_BAB III.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text
9. 201878TMPI_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[img]
Preview
Text
10. 201878TMPI_BAB V.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 201878TMPI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia secara rata-rata untuk negara Asean berada pada posisi 8 sedangkan pada tingkat global berada pada urutan 107 dalam kurun waktu lima tahun kemudian data yang dilaporkan UNDP 2008-2013 yaitu tanggal 14 maret 2013 tampaknya bukan semakin membaik, justru menempatkan posisi Indonesia ke peringkat 121. Dengan demikian kualitas pendidikan di Indonesia masih sangat rendah. Usaha pimpinan lembaga pendidikan di SMP SeKecamatan Sekupang, dalam meningkatkan mutu tenaga sumber daya manusia bertujuan untuk memenuhi standar mutu pendidik dan tenaga kependidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah penelitian ini adalah (1)Bagaimana manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia di SMP se-Kecamatan Sekupang, (2) Bagaimana pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia di SMP se-Kecamatan Sekupang,(3)Faktor-faktor apa saja yang menghambat dan mendukung dalam pelaksanaan peningkatkan mutu sumber daya manusia di SMP se-Kecamatan Sekupang. Sehingga tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui bagaimana manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia di SMP se-Kecamatan Sekupang. (2) mengetahui bagaimana pelaksanaan fungsi-fungsi Manajemen Sumber daya manusia di SMP se-Kecamatan Sekupang. (3) mengetahui faktor apa saja yang menghambat dan mendukung pelaksanaan peningkatan mutu sumber daya manusia di SMP seKecamatan Sekupang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis datanya menggunakan metode analisi milles and huberman yaitu reduksi, verifikasi, dan penyajian data. Sehingga teknik pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi data. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, untuk mendapatkan sumber daya manusia yang bermutu dimulai sejak melakukan analisis jabatan dan perekrutan, seorang kepala sekolah harus mampu membuat perencanaan, pengorganisasian, pengarahan pengendalian, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, kedisiplinan, dan pemberhentian, namun dalam usaha peningkatan mutu sumber daya manusia adanya hambatan yang dihadapi antara lain, tenaga pendidikan disibukan dengan banyaknya kegiatan disekolah sehingga sulitnya membagi waktu mengikuti pelatihan, kurangnya fasilitas teknologi para tenaga pendidik dan kependidikan untuk mengakses perkembangan pendidikan, dan keterbatasan anggaran untuk mengikutsertakan personil sekolah dalam mengikuti pelatihan. Sedangkan faktor pendukungnya adalah adanya dukungan dari pimpinan sekolah, adanya aturan yang jelas baik dari pemerintah maupun lembaga pendidikan dan adanya dukungan dari rekan seprofesi. Kata kunci : Manajemen Kepala sekolah, Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 25 Jul 2019 08:24
Last Modified: 25 Jul 2019 08:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16804

Actions (login required)

View Item View Item