ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA UKM ROMAN INDAH MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN METODE QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX)(Studi Kasus: UKM Mandiri “RomanIndah”)

RESY KUMALA SARI, (2018) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA UKM ROMAN INDAH MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN METODE QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX)(Studi Kasus: UKM Mandiri “RomanIndah”). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018152TIN.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018152TIN.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018152TIN.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_2018152TIN.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018152TIN.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018152TIN.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018152TIN.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018152TIN.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB IV_2018152TIN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
10. BAB V_2018152TIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img]
Preview
Text
11. BAB VI_2018152TIN.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA_2018152TIN.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

UKM Mandiri “Roman Indah” merupakan sebuah usaha kecil dan menegah yang bergerak dalam bidang produksi berbagai macam tas,yang terletak di Jalan Raya Puskopkar No.04 Pandau Permai Kampar. Permasalahan yang sering dihadapi oleh perusahaan diantaranya adalah tingkat penjualan mengalami penurunan yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor internal yaitu akibat kurangnya promosi (pemasaran dilakukan melalui komunikasi dari mulut ke mulut) untuk pengembangan usaha, dan lokasi pemasaran tidak strategis. Sedangkan faktor eksternal adalah banyaknya merek-merek tas yang lebih mempunyai nama terkenal serta banyaknya penjualan tas-tas atau pesaing yang ada di Pekanbaru. Permasalahan lain yang didapat sementara dari data penjualan yang turun dikarenakan kurang promosi, ekonomi masyarakat menurun, lokasi pemasaran tidak strategis dan tidak memasarkan produk tas ke pasar-pasar atau pedagang pasar sehingga pelanggan tidak mengetahui tentang produk dari Roman Indah. Berdasarkan permasalahan-permasalahan yang terjadi maka perlu strategi pemasaran tas di UKM Mandiri Roman Indah secara faktor lingkungan eksternal dan internal untuk menetapkan alternatif strategis pemasaran yang sesuai atau terbaik dengan menggunakan metode SWOT yang mencakup matriks IFE (Internal Factor Evaluation) EFE (Eksternal Factor Evaluation) dan matriks IE serta dengan metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan analisis matriksIFE diperoleh total skor yang dimiliki UKM sebesar 2,433, sedangkan analisis matriks EFE sebesar 2,993. Hasil yang diperoleh dari matriks IE yaitu UKM berada pada sel V yang artinya strategi menjaga dan mempertahankan. Matriks SWOT menghasilkan 8alternatif strategi yang dapat dipilih oleh UKM. Berdasarkan matriks QSPM alternatif strategi yang paling diusulkan dan diprioritaskan adalah menciptakan dan mengembangkan produk dengan variasi yang baru dengan skor TAS sebesar 5,782.Kata Kunci :Matriks IE,Matriks IFE EFE, Matriks QSPM, Matrik SWOT, Pemasaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: Ms. Nilam Badriyah
Date Deposited: 24 Jul 2019 07:32
Last Modified: 24 Jul 2019 07:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16741

Actions (login required)

View Item View Item