DWI ANNISA (2018) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SALURAN PESAN DAKWAH DI KALANGAN MAHASISWA MANAJEMEN DAKWAH UIN SUSKA RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018268KOM.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018268KOM.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018268KOM.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_2018268KOM.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018268KOM.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018268KOM.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018268KOM.pdf Download (583kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018268KOM.pdf Download (537kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB IV_2018268KOM.pdf Download (630kB) | Preview |
|
Text
10. BAB V_2018268KOM.pdf Restricted to Repository staff only until 2018. Download (1MB) |
||
|
Text
11. BAB VI_2018268KOM.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA_2018268KOM.pdf Download (502kB) | Preview |
Abstract
Dalam berdakwah banyak jenis alat yang bisa dijadikan sebagai media dakwah. Pada masa ini instagram menjadi salah satu pilihan media yang digunakan dalam mendapatkan tambahan pengetahuan ke-Islaman di kalangan mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengukur seberapa efektif penggunaan media sosial instagram sebagai saluran pesan dakwah di kalangan mahasiswa Manajemen Dakwah UIN Suska Riau. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis deskripkif persentase. Penelitian kuantitatif yang menggambarkan atau menjelaskan suatu masalah yang hasilnya dapat digenaralisasikan. Dengan teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan kuesioner, dokumentasi dan observasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 354 orang dari angkatan 2015 dan 2016 dengan jumlah sampel 78 orang yang peneliti dapatkan berdasarkan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori efektifitas komunikasi dan aspek perubahan perilaku mad’u dan menggunakan sembilan indikator. Berdasarkan hasil analisa data, dengan memberikan nilai skor terhadap jawaban responden dan mencari nilai rata-rata dari jumlah total skor yang didapat, diketahui bahwa penggunaan media sosial instagram sebagai saluran pesan dakwah di kalangan mahasiswa dikategorikan sangat efektif dengan nilai persentase 81.23%. Hasil ini menunjukkan bahwa media sosial instagram selain berfungsi sebagai media komunikasi dan media untuk menunjukkan eksistensi diri, juga bermanfaat sebagai media dalam mendapatkan informasi dan pengetahuan dibidang keagamaan. Kata Kunci: Efektifitas, media sosial, instagram, saluran pesan dakwah, mahasiswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ms. Eva Susilawati |
Date Deposited: | 15 Jul 2019 08:50 |
Last Modified: | 15 Jul 2019 08:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15938 |
Actions (login required)
View Item |