ENDAH KUSUMA WARDANI (2018) MANAJEMEN PRODUKSI IKLAN DI SURAT KABAR HARIAN RIAU POS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018253KOM.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018253KOM.pdf Download (622kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018253KOM.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_2018253KOM.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018253KOM.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018253KOM.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018253KOM.pdf Download (573kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018253KOM.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB IV_2018253KOM.pdf Download (460kB) | Preview |
|
Text
10. BAB V_2018253KOM.pdf Restricted to Repository staff only until 2018. Download (582kB) |
||
|
Text
11. BAB VI_2018253KOM.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA_2018253KOM.pdf Download (337kB) | Preview |
Abstract
Pada abad informasi sekarang ini, iklan mempunyai peranan yang sangat penting untuk menyampaikan informasi tentang suatu produk kepada masyarakat. Iklan cetak sudah ada sejak lama dan surat kabar sudah ada selama hampir 200 tahun. Kini surat kabar masih merupakan salah satu media utama tempat bisnisbisnis mengiklankan produk dan jasa mereka. Riau Pos adalah salah satu surat kabar di Pekanbaru yang banyak memuat iklan di dalamnya. Jumlah iklan di surat kabar harian Riau Pos mampu mencapai 150 buah lebih perharinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen produksi iklan di surat kabar harian Riau Pos. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif, pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam melihat manajemen produksi iklan surat kabar harian Riau Pos, penulis membaginya dalam tiga proses yaitu pra produksi iklan, produksi iklan dan pasca produksi iklan. Hasil penelitian ini adalah pada pra produksi iklan didapatkan dari klien yang datang langsung ke kantor iklan dan marketing yang mencari iklan. Selain itu juga dilakukan rapat rutin seminggu sekali untuk membahas iklan yang masuk dan membuat paket iklan baru. Secara garis besar iklan dibagi dua yaitu iklan komersial dan non komersial. Yang membedakan produksi keduanya hanya tarif pemasangan iklannya saja. Proses produksi iklan dibagi tiga yaitu desain, layout, dan percetakan. Pros produksi dimulai dari mendesain iklan oleh tim desain yang selanjutnya diteruskan ke tim layout dan terakhir dikirm ke percetakan untuk dicetak. Dan yang terakhir adalah pasca produksi iklan. Pada tahap ini, divisi iklan akan melakukan evaluasi setelah produksi. Kegiatan evaluasi dilakukan seminggu sekali bersamaan dengan perencanaan sebelum produksi iklan. Pada evaluasi akan dibahas perkembangan iklan pada minggu sebelumnya serta kendala-kendala dalam proses produksi iklan. Selain itu juga dilakukan pendokumentasian hasil produksi iklan yang didapat. Kata Kunci: Manajemen, Produksi Iklan, Surat Kabar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem > 070 Jurnalisme, Surat Kabar > 070.172 Surat Kabar, Koran |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ms. Eva Susilawati |
Date Deposited: | 15 Jul 2019 06:59 |
Last Modified: | 15 Jul 2019 06:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15899 |
Actions (login required)
View Item |