Isma Hanum Aflah Siregar (2018) Komponen-komponen Pendidikan dalam Al-Qur’an (Telaah Kisah Nabi Ibrahim AS). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201848TPAI_COVER.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
2. 201848TPAI_PENGESAHAN.pdf Download (531kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201848TPAI_KATA PENGANTAR.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201848TPAI_DAFTAR ISI.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201848TPAI_ABSTRAK 3 BAHASA.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201848TPAI_BAB 1.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201848TPAI_BAB II.pdf Download (682kB) | Preview |
|
|
Text
8. 201848TPAI_BAB III.pdf Download (358kB) | Preview |
|
Text
9. 201848TPAI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (918kB) |
||
|
Text
10. 201848TPAI_BAB V.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201848TPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (347kB) | Preview |
Abstract
Pesona al-Quran sebagai wahyu Allah, telah banyak membuat orang kagum dan tertarik. Ada faktor inhern dalam teks al-Quran itu sendiri yang membuat orang merasakan demikian. Betapa banyak kisah yang dapat kita petik hikmahnya untuk kehidupan kita yang menggambarkan kenyataan. Lebih lanjut penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya karya ilmiah yang membahas tentang kisah Nabi Ibrahim AS, tetapi mengkaji sebatas kisah ritual keagamaan dari Nabi Ibrahim AS, seperti qurban dan ibadah haji, sehingga ada beberapa hal penting yang tersirat dari kisah Nabi Ibrahim AS ini. Selain itu sudah banyak juga peneliti yang melakukan riset tentang pendidikan dalam alQuran yang menyandarkannya pada kisah Luqmanul Hakim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen-komponen pendidikan yang terkandung dalam kisah Nabi Ibrahim AS dalam al-Quran yang meliputi: kurikulum pendidikan (tujuan, materi, metode, media pendidikan), pendidik, dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan Nabi Ibrahim AS merupakan sebuah pola atau rancangan pendidikan yang diambil dari proses pendidikan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS. Adapun komponen-komponen yang terkandung dalam konsep Pendidikan Nabi Ibrahim AS adalah sebagai berikut: a. Kurikulum Pendidikan 1) Tujuan pendidikan Nabi Ibrahim AS adalah menjadikan peserta didik menjadi Muslim yang patuh kepada Allah dan menjadi imam para muttaqin. 2) Materi pendidikan Nabi Ibrahim AS meliputi: a) Aqidah dan ketauhidan yang merupakan pondasi dan asas semua amal. b) Ibadah dan tazkiyyatun nufus sebagai manifestasi tujuan dan misi setiap manusia untuk menyembah Allah SWT dan selalu melakukan pensucian diri dari penyakit penyakit yang mengotori hati. c) Akhlaq yang meliputi akhlaq kepada Allah, kepada sesama manusia dan juga akhlaq dalam berdakwah kepada orang. b.Metode yang digunakan Nabi Ibrahim, beberapa metode yang digunankan Nabi Ibrahim dalam pendidikan adalah , metode nasihat, metode dialog, metode uswah hasanah atau tauladan yang baik, metode adu argument. c.Sarana dan Media Pendidikan dalam konsep Nabi Ibrahim adalah: Baitullah, alam Semesta atau benda antariksa, binatang. d. Pendidik, ada banyak sifat yang telah dicontohkan oleh nabiyullah Ibrahim AS, 1) Patuh pada Allah dan hubungan yang dekat dengan Allah, 2) Hanif, 3) (ulil aidi wal Abshor) kuat beribadah dan cerdas, 4) Shabar, 5) pandai bersyukur, 6) wafa’ dan amanah, 7) Serta lemah lembut dan halus perasaan. e.Peserta didik, Nabi Ibrahim dalam melakukan pendidikan selalu mengedepankan keluarga sebelum yang lain, dimulai dengan mendidik anak istri dan keluarga besar baru ke masyarakat/ ummat secara umum.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 14 Jul 2019 04:25 |
Last Modified: | 14 Jul 2019 04:25 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15856 |
Actions (login required)
View Item |