Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MUTASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA V (PERSERO) PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM

KARTIKA SANTOSO (2018) PENGARUH MUTASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA V (PERSERO) PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini berjudul : “PENGARUH MUTASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA V (Persero) PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM.” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis mengenai mutasi kerja yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan, salah satunya yaitu PT. Perkebunan Nusantara V (Persero) Pekanbaru yang bergerak di bidang agro pertanian sawit dan karet untuk meningkatkan kinerja karyawannya, dengan batasan masalah yaitu karyawan yang berada di kantor pusat PT. Perkebunan Nusanatara V (Persero) Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan mutasi kerja karyawan pada PT. Perkebunan Nusantara V (Persero) Pekanbaru, apakah mutasi kerja yang dilaksanakan oleh PT. Perkebunan Nusantara V (Persero) Pekanbaru berpengaruh dengan kinerja karyawan dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap pelaksanaan mutasi kerja yang diberikan pihak PT. Perkebunan Nusantara V (Persero) Pekanbaru kepada karyawan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan pada PT. Perkebunan Nusantara V (Persero) Pekanbaru yang beralamat di JL. Rambutan No.43 Pekabaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Perkebunan Nusantara V (Persero) Pekanbaru yang berada di kantor pusat yaitu berjumlah 438 orang karyawan, sedangkan sampel yang diambil dengan menggunakan teknik Random Sampling. Agar sampel yang diambil dapat benar-benar mewakili populasi, maka peneliti menggunakan rumus slovin, maka diperoleh jumlah sampel 81 orang. Sumber data dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Perkebunan Nusantara V (Persero) Pekanbaru dengan teknik pengumpulan data melalui koesioner, wawancara dan studi pustaka. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang erat antara mutasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Perkebunan Nusantara V (Persero) Pekanbaru. Hasil regresi menunjukan bahwa mutasi kerja berpengaruh secara positif terhadap kinerja karyawan, dari uji t menunjukan t hitung (9,239) > t tabel (1,990) dengan signifikan 0,000 < 0,05 yang menunjukan bahwa mutasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Perkebunan Nusantara V (Persero) Pekanbaru . Di lihat dari koefesien korelasi terhadapat hubungan yang erat, sedangkan koefesien determinasi bahwa pengaruh mutasi kerja terhadap kinerja karyawan sebesar 51,9% sedangkan sisanya 48,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Tinjauan ekonomi Islam terhadap pelaksanaan mutasi karyawan pada PT. perkebunan Nusantara V (Persero) Pekanbaru telah sesuai dengan prinsip ekonomi syariah, yaitu memutasikan karyawan dengan sistem merit dan mempertimbangkan latar belakang pendidikan, prestasi kerja, kemampuan karyawan pada bidang yang baru dan keahlian yang mereka miliki. Sedangkan fungsi mutasi yaitu menimbulkan rasa semangat bekerja, bekerja secara ikhlas dan propesional dalam bekerja yang sebelumnya karyawan tersebut tidak memiliki kemampuan di bagian lamanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 297.273 ??
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: Users 14799 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2019 02:36
Last Modified: 10 Jul 2019 02:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15526

Actions (login required)

View Item View Item