Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL PADANG LUAR DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PEDAGANG DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Pasar Tradisional Padang Luar Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam Sumatera Barat)

AULIA RAHMAN (2018) STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL PADANG LUAR DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PEDAGANG DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Pasar Tradisional Padang Luar Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam Sumatera Barat). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini berjudul: “STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL PADANG LUAR DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PEDAGANG DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH”. Penelitian ini dilatar belakangi karena pengamatan penulis terhadap kondisi sarana dan prasarana pasar yang kurang bagus seperti kebersihan pasar, kondisi bangunan pasar dan para pedagang yang berjualan dipinggir jalan yang berakibatan kemacetan. Hal ini akan menyebabkan ketidakpuasan pedagang yang berjualan di dalam pasar. Penelitian ini termasuk kategori penelitian lapangan (Field Research), dengan fokus peneliti di Pasar Tradisional Padang Luar. Populasi dalam penelitian ini adalah pengelola pasar sebanyak 9 orang dan pedagang yang berjualan di pasar sebanyak 611 orang. Sedangkan untuk sampel penulis mengambil 9 orang pengelola pasar dan 10% dari jumlah pedagang yaitu 61 orang, jadi jumlah sampel keseluruhan berjumlah 70 orang dan pengambilan sampel dilakukan dengan metode Random Sampling (acak). Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana strategi pengelola pasar dalam pengembangan Pasar Tradisional Padang Luar dalam meningkatkan kepuasan pedagang, bagaimana kendala dalam pengembangan Pasar Tradisional Padang Luar, dan bagaimana tinjauan Ekonomi Syariah mengenai strategi pengelola pasar dalam pengembangan Pasar Tradisional Padang Luar dalam meningkatkan kepuasan pedagang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan studi pustaka sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu setelah semua data terkumpul, maka penulis menjelaskan secara rinci dan sistematis sehingga tergambar secara utuh dan dapat dipahami secara jelas dalam kesimpulan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh yaitu strategi pengelola pasar dalam pengembangan Pasar Tradisional Padang Luar dalam meningkatkan kepuasan pedagang yaitu dengan melakukan perbaikan dan renovasi bangunan pasar, mempermudah pedagang dalam pengurusan sewa, cepat dan tanggap atas keluhan pedagang, menjaga ketertiban dan keamanan pasar, serta dengan bersikap adil kepada pedagang. Kendala dalam pengembangan Pasar Tradisional Padang Luar yaitu: Sumber Daya Manusia (SDM), anggaran biaya pembangunan, partisipasi pedagang, koordinasi dan alas hak tanah. Tinjauan Ekonomi Syariah tentang strategi pengelola pasar dalam pengembangan Pasar Tradisional Padang Luar dalam meningkatkan kepuasan pedagang sudah bisa dikatakan baik karena dalam pelayanan pengelola pasar telah dilakukan menurut syari’at Islam, walaupun terdapat masalah pada kondisi fisik bangunan, ketanggapan pengelola dalam menghadapi masalah pedagang yang belum sesuai dengan kepuasan pedagang. Kata kunci: Strategi, Pasar, dan Kepuasan Pedagang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 297.273 ??
Divisions: ?? sch_man ??
Depositing User: Users 14799 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2019 02:02
Last Modified: 10 Jul 2019 02:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15520

Actions (login required)

View Item View Item