ANALISIS DAN PERANCANGAN MANAJEMEN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN ITILV3 DOMAIN SERVICE OPERATION

ANDY ARDIANSYAH, (2018) ANALISIS DAN PERANCANGAN MANAJEMEN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN ITILV3 DOMAIN SERVICE OPERATION. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_201842TIF.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_201842TIF.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_201842TIF.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_201842TIF.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_201842TIF.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_201842TIF.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_201842TIF.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB IV_201842TIF.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
10. BAB V_201842TIF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img]
Preview
Text
11. BAB VI_201842TIF.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA_201842TIF.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Information Technology Service Management (ITSM)adalah metode pengelolaan TI yang digunakan dalam proses bisnis disuatu perusahaandan merupakansesuatu yang sangat penting dilakukan oleh perusahaan yang menggunakan layanan TIdalam proses bisnisnya. Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Provinsi Riau yang telah menggunakan layanan TI dalam proses bisnisnya yaitu pelayanan perizinan online. Padapenerapannya BP2T mengalami beberapa masalah yaitu Service Desk yang tidak berfungsi sesuai dengan tugasnya, permasalahan pada penanganan gangguan layanan TI,pembagian fungsi staf TI dan permasalahan pada dokumentasi gangguan layanan. Maka BP2T perlu untuk menerapkanITSM untuk menjaga kinerja layanan TI yang diberikan. Salah satu pendekatan ITSM yang dapat digunakan adalah Information Technology Infrastructure Library Version 3 (ITILV3). Pada penelitian ini dilakukananalisis denganITILV3 domain Service Operation, yaitu menghitung tingkat kematangan ITILV3 domain Service Operation di BP2T menggunakanMaturity LevelCOBIT 4.1 kemudian memberikan rekomendasi menggunakan panduan ITILV3Service Operation. Hasildari penelitian ini adalah rekomendasipengembangan manajemen layanan teknologi informasi danrancanganStandart Operating Procedure (SOP)penanganangan masalah TIyang dapat diterapkan untuk pengembangan layanan TI di BP2T Prov. Riau.Kata Kunci: ITSM, ITILV3, Service Desk,ITILV3 Service Operation, COBIT4.1

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 005 Program Komputer, program-program, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Ms. Nilam Badriyah
Date Deposited: 04 Jul 2019 02:22
Last Modified: 04 Jul 2019 02:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15016

Actions (login required)

View Item View Item