Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PEMASARAN TABUNGAN WADI’AH PADA ISLAMIC BANKOFTHAILAND CABANG PALAS UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

ASMA BORSU (2018) STRATEGI PEMASARAN TABUNGAN WADI’AH PADA ISLAMIC BANKOFTHAILAND CABANG PALAS UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan pengamatan yang dilakukan penulis terhadap strategi pemasaran yang dilakukan oleh Islamic Bank Of Thailand Cabang Palas, di mana tingkat jumlah nasabah bank tersebut menurun dan ditinjau dalam perspektif ekonomi syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa saja yang telah diterapkan Islamic Bank Of Thailand Cabang Palas. Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam strategi pemasaran pada Islamic Bank Of Thailand Cabang Palas, dan bagaimana perspektif ekonomi syariah terhadap strategi pemasaran yang diterapkan Islamic Bank Of Thailand Cabang Palas. Penelitian ini dilakukan pada Islamic Bank Of Thailand Cabang Palas. Dalam penelitian penulis menggunakan teknik analisa data kualitatif . Populasi dalam penelitian ini berjumlah 7 orang yang terdiri 1 orang manager, 1 orang asisten manager, 1 orang personalia, 2 orang teller, 2 orang financing dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari responden yaitu manager, asisten manager, personalia, teller dan financing pada Islamic Bank Of Thailand Cabang Palas. Data sekunder yaitu data yang diperoleh dari tulisan atau buku-buku dan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Islamic Bank Of Thailand Cabang Palas menggunakan strategi pemasaran dalam memasarkan tabungan Wadi’ah dengan menggunakan strategi 4P yaitu strategi produk (product), harga (price) tempat (place), dan promosi (promotion) Faktor-faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran tabungan Wadiah pada Islamic Bank Of Thailand Cabang Palas. Faktor pendukungnya yaitu pelayanan prima terhadap nasabah, dan faktor teknologi. Faktor penghambat dalam strategi pemasaran tabungan Wadi’ah yaitu kurangnya kesadaran masyarakat terhadap tabungan Wadi’ah, pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang bank syariah masih rendah, lokasi terbilang masih sulit terjangkau, masih banyak yang belum mengerti dan salah faham tentang bank syariah dan mengganggapnya sama dengan bank konvensional. Tinjauan ekonomi syariah terhadap strategi pemasaran tabungan Wadiah pada Islamic Bank Of Thailand Cabang Palas dalam meningkatkan jumlah nasabah telah sesuai dengan teori dalam ekonomi syariah, karena dalam teori ekonomi syariah strategi pemasaran produk harus memperhatikan pada place (tempat), product (produk), price (harga) dan promotion (promosi)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 297.273 ??
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: Users 14799 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2019 02:12
Last Modified: 04 Jul 2019 02:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15014

Actions (login required)

View Item View Item