AMBO ALA (2018) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI LAYANAN PENGADUAN DAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (Studi Kasus: Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018379SIF.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018379SIF.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018379SIF.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_2018379SIF.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018379SIF.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018379SIF.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018379SIF.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018379SIF.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB IV_2018379SIF.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
10. BAB V_2018379SIF.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
11. BAB VI_2018379SIF.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA_2018379SIF.pdf Download (220kB) | Preview |
Abstract
Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) adalah badan yang bertugas menangani sengketa antara pelakuusaha dan konsumen. BPSKKota Pekanbaru mempunyai wilayahpenyelesaikan sengketa konsumen yang sangat luas yaitu 11 Kabupaten Kota diantaranyaKabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Kepualauan Meranti,Kota Pekanbaru, dan Kota Dumai.Hal ini tentu menjadi keluhan bagi masyarakat yang berasal dariluar Kota Pekanbaru untuk melakukan pengaduan dengan cara mendaftarkan diri langsung ke sekeretariat BPSKKota Pekanbaru. Dengan demikian hal ini tentu akan menyita waktu yang banyak dan biaya yang tidak sedikit untuk menyelesaikan sengketa konsumen tersebut.Tujuan penelitian ini adalah untuk membangunsistem informasi pengaduan berbasis web. Analisis dan perancangan menggunakan metode perancangan Object-Oriented Analysis and Design(OOAD).Metode pengembangan sistem menggunakan waterfall. Hasil penelitian ini berupa sistem informasi layanan pengaduan dan penyelesaian sengketa konsumen yang dapatmempermudah konsumen dalam melalukan pengaduan pada BPSK Pekanbaru.Dengan adanya sistem tersebut konsumen tidak perlu datang ke pekanbaru hanya untuk melakukan pengaduan dalam melakukan gugatan ke BPSK Pekanbaru, melainkan cukup dengan melakukan pengaduan melalui sistem.Kata Kunci: BPSK, Layanan, OOAD, Waterfall, Web
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 020 Perpustakaan & informasi ilmu |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Ms. Nilam Badriyah |
Date Deposited: | 03 Jul 2019 08:16 |
Last Modified: | 03 Jul 2019 08:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14974 |
Actions (login required)
View Item |