UPAYA GURU DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU

KHOERUM MAFTUHAH, (2018) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20181140PAI.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20181140PAI.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20181140PAI.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20181140PAI.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20181140PAI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20181140PAI.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20181140PAI.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20181140PAI.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20181140PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20181140PAI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181140PAI.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Darul Hikmah sudah baik tetapi masih ada siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar fikih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalahbagaimana upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran fikih dan apakah faktor-faktor yang mempengaruhi upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru fikih dan siswa Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Adapun objeknya adalah bagaimana upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru fikih yang berjumlah 3 orang dan seluruh siswa yang mengalami kejenuhan belajar yang berjumlah 53 orang siswa. Dikarenakan jumlah populasi sedikit, maka tidak diambil sampel. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakanwawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Dari penyajian dan analisis data penelitian yang di peroleh dari hasil wawancara dan angket upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru terdapat paa kategori “Baik”, dengan persentase 71,88%. Sedangkan wawancara untuk faktorfaktor yang mempengaruhi upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa yakni motivasi dan minat belajar siswa, lingkungan belajar yang kondusif, sarana dan fasilitas, dan pengalaman guru. Kata Kunci: Upaya Guru, Kejenuhan Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 02 Jul 2019 07:59
Last Modified: 02 Jul 2019 07:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14700

Actions (login required)

View Item View Item