KHOERUM MAFTUHAH (2018) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181140PAI.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181140PAI.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181140PAI.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181140PAI.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181140PAI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181140PAI.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181140PAI.pdf Download (693kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181140PAI.pdf Download (448kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181140PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (778kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181140PAI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181140PAI.pdf Download (257kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Darul Hikmah sudah baik tetapi masih ada siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar fikih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalahbagaimana upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran fikih dan apakah faktor-faktor yang mempengaruhi upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru fikih dan siswa Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Adapun objeknya adalah bagaimana upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru fikih yang berjumlah 3 orang dan seluruh siswa yang mengalami kejenuhan belajar yang berjumlah 53 orang siswa. Dikarenakan jumlah populasi sedikit, maka tidak diambil sampel. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakanwawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Dari penyajian dan analisis data penelitian yang di peroleh dari hasil wawancara dan angket upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru terdapat paa kategori “Baik”, dengan persentase 71,88%. Sedangkan wawancara untuk faktorfaktor yang mempengaruhi upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa yakni motivasi dan minat belajar siswa, lingkungan belajar yang kondusif, sarana dan fasilitas, dan pengalaman guru. Kata Kunci: Upaya Guru, Kejenuhan Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 Jul 2019 07:59 |
Last Modified: | 02 Jul 2019 07:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14700 |
Actions (login required)
View Item |