Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI CERDAS CERMAT BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 034 TARAI BANGUN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

MARDA SUSELA (2018) PENERAPAN STRATEGI CERDAS CERMAT BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 034 TARAI BANGUN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20181114PGMI.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20181114PGMI.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20181114PGMI.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20181114PGMI.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20181114PGMI.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20181114PGMI.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20181114PGMI.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20181114PGMI.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20181114PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20181114PGMI.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181114PGMI.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan Strategi Cerdas Cermat Berantai Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 034 TaraiBangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Sebagai subjeknya adalah guru 1 orang dan siswa sebanyak 45 orang kelas VI Sekolah Dasar Negeri 034 TaraiBangun kecamatan Tambang kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukan hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai nilai rata-rata 64,84% dengan kategori “Kurang Baik”. Dengan ketuntasan klasikal 44,44% Setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 69,42% dengan kategori “Cukup” dengan ketuntasan klasikal 64,44% Pada siklus II hasil belajar siswa semakin meningkat dengan rata-rata 80,66% dengan kategori “Baik” dengan ketuntasan klasikal 80,00%. Kesimpulan penelitian ini adalah Penerapan strategi Cerdas Cermat Berantai dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 034 TaraiBangun kecamatan Tambang kabupaten Kampar. Kata Kunci: Cerdas Cermat Berantai, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:15
Last Modified: 02 Jul 2019 03:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14595

Actions (login required)

View Item View Item