Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL THERAPY UNTUK MENGURANGI KONFLIK TEMAN SEBAYA PADA SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU

RIZKA RAHIMI PUTRI (2018) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL THERAPY UNTUK MENGURANGI KONFLIK TEMAN SEBAYA PADA SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan behavioral therapy untuk mengurangi konflik teman sebaya pada siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode eksperimental one group pre-test post-test design dengan struktur “O1 x O2”. Subjek penelitian ini adalah siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan behavioral therapy untuk mengurangi konflik teman sebaya pada siswa di MAN 1 Pekanbaru. Sampel diambil sebanyak 12 orang siswa yang memiliki konflik teman sebaya tinggi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti memberikan treatment kepada 12 orang siswa sebanyak 6 kali yaitu melaksanakan dengan pendekatan behavioral therapy. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pre-test dan post-test, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik T-test. Hasil penelitian menunjukkan konseling kelompok dengan pendekatan behavioral therapy efektif untuk mengurangi konflik teman sebaya pada siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru, hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai T-test= 12.975 sedangkan ttabel= 2.20 pada taraf signifikan 5% dengan persentase pretest=72 (Kategori tinggi), post-test=40% (kategori rendah). Dengan demikian signifikan keefektifan persentasenya yaitu 32% dalam (kategori sangat rendah). Kata Kunci: Efektivitas, Konseling Kelompok, Behavioral Therapy, Konflik Teman Sebaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.4 ??
Divisions: ?? KI ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2019 07:33
Last Modified: 01 Jul 2019 07:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14521

Actions (login required)

View Item View Item