MIFTAHUL JANAH (2018) PENERAPAN METODE PERMAINAN KOCOK SUMPIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 028 KUBANG JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181083PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181083PGMI.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181083PGMI.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181083PGMI.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181083PGMI.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181083PGMI.pdf Download (610kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181083PGMI.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181083PGMI.pdf Download (554kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181083PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (821kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181083PGMI.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181083PGMI.pdf Download (256kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Kubang Jaya Kabupaten Kempar melalui Penerapan Metode Permainan Kocok Sumpit. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Metode Permainan Kocok Sumpit dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa metode permaianan kocok sumpit dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai 45,45% atau berada pada kategori “Cukup”. Kemudian setelah menerapkan metode permainan kocok sumpit pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 66,67% berada pada kategori “Tinggi”. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 87,87% kategori “Sangat Tinggi”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Permainan Kocok Sumpit dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Kubang Jaya Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Metode Permaianan Kocok Sumpit, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 07:16 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 07:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14519 |
Actions (login required)
View Item |