Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PERMAINAN KOCOK SUMPIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 028 KUBANG JAYA KABUPATEN KAMPAR

MIFTAHUL JANAH (2018) PENERAPAN METODE PERMAINAN KOCOK SUMPIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 028 KUBANG JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20181083PGMI.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20181083PGMI.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20181083PGMI.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20181083PGMI.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20181083PGMI.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20181083PGMI.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20181083PGMI.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20181083PGMI.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20181083PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20181083PGMI.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181083PGMI.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Kubang Jaya Kabupaten Kempar melalui Penerapan Metode Permainan Kocok Sumpit. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Metode Permainan Kocok Sumpit dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa metode permaianan kocok sumpit dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai 45,45% atau berada pada kategori “Cukup”. Kemudian setelah menerapkan metode permainan kocok sumpit pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 66,67% berada pada kategori “Tinggi”. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 87,87% kategori “Sangat Tinggi”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Permainan Kocok Sumpit dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Kubang Jaya Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Metode Permaianan Kocok Sumpit, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 01 Jul 2019 07:16
Last Modified: 01 Jul 2019 07:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14519

Actions (login required)

View Item View Item