Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 PEKANBARU

FEBRIKA AULIA FITRI (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Pretest Posttest Control Group Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan pengetahuan awal matematika siswa Sekolah Menengah Pertama di Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 8 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan untuk tujuan pertama menggunakan uji-t sedangkan untuk tujuan kedua dan ketiga menggunakan anova dua arah. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t menunjukkan nilai sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme dengan siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik dengan rata-rata hasil tes akhir kelas eksperimen adalah dan kelas kontrol adalah Hasil analisis data dengan menggunakan anova dua arah menunjukan dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme dengan siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik jika berdasarkan pengetahuan awal matematika siswa. Sedangkan untuk interaksi sehingga dapat ditunjukan bahwa tidak terdapat interaksi antara pengetahuan awal matematika siswa dengan pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata kunci: Pendekatan Kontruktivisme, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Pengetahuan Awal Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? sch_geo ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2019 05:20
Last Modified: 01 Jul 2019 05:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14497

Actions (login required)

View Item View Item