Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI KOLOID

MERI ANDANI (2018) ENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20181049PK.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20181049PK.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20181049PK.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20181049PK.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20181049PK.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20181049PK.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20181049PK.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20181049PK.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20181049PK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20181049PK.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181049PK.pdf

Download (346kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi koloid di kelas XI IPA SMA Negeri 10 Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 6 kelas dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest non-equivalent control group design. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan proses sains siswa setelah diadakan perlakuan, dapat dilihat dari data selisih nilai pretest dan posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengolahan data dilakukan secara kuantitatif, yaitu dengan menggunakan t-test. Berdasarkan hasil analisis dengan uji t-test diperoleh nilai thitung = 2,80 dan ttabel = 2,00 dan menunjukkan thitung> ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil anallisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap keterampilan proses sains siswa dengan koefisien pengaruh sebesar 10,8 %. Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Model Pembelajaran Learning Cycle 7E, Koloid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 01 Jul 2019 02:53
Last Modified: 01 Jul 2019 02:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14443

Actions (login required)

View Item View Item