MERI ANDANI (2018) ENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181049PK.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181049PK.pdf Download (588kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181049PK.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181049PK.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181049PK.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181049PK.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181049PK.pdf Download (564kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181049PK.pdf Download (477kB) | Preview |
|
![]() |
Text
9. BAB IV_20181049PK.pdf Restricted to Repository staff only Download (886kB) |
|
|
Text
10. BAB V_20181049PK.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181049PK.pdf Download (346kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi koloid di kelas XI IPA SMA Negeri 10 Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 6 kelas dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest non-equivalent control group design. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan proses sains siswa setelah diadakan perlakuan, dapat dilihat dari data selisih nilai pretest dan posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengolahan data dilakukan secara kuantitatif, yaitu dengan menggunakan t-test. Berdasarkan hasil analisis dengan uji t-test diperoleh nilai thitung = 2,80 dan ttabel = 2,00 dan menunjukkan thitung> ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil anallisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap keterampilan proses sains siswa dengan koefisien pengaruh sebesar 10,8 %. Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Model Pembelajaran Learning Cycle 7E, Koloid
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 02:53 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 02:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14443 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |