Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PEKANBARU

ULFA KHAIRANI SARAGIH (2018) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20181045PIPS-E.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20181045PIPS-E.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20181045PIPS-E.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20181045PIPS-E.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20181045PIPS-E.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20181045PIPS-E.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20181045PIPS-E.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20181045PIPS-E.pdf

Download (558kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20181045PIPS-E.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20181045PIPS-E.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181045PIPS-E.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap pembelajaran efektif. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengelolaan kelas yang sudah baik, namun pembelajaran efektif belum maksimal diantaranya siswa kurang memperhatikan guru saat pembelajaran, siswa kurang memahami materi pembelajaran yang telah dijelaskan oleh guru dan siswa yang kurang disiplin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengelolaan kelas dan pembelajaran efektif. Populasi dalam penelitian ini adalah 432 orang siswa dengan jumlah sampel 82 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil uji korelasi maka dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikan 5% (0,791 > 0,312) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh antara pengelolaan kelas terhadap pembelajaran efektif pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Berdasarkan persentase pengaruh pengelolaan kelas terhadap pembelajaran efektif pada mata pelajaran ekonomi sebesar 62,5% berada pada rentang 61%-80% yang dikategorikan baik. Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Pembelajaran Efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 01 Jul 2019 02:39
Last Modified: 01 Jul 2019 02:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14438

Actions (login required)

View Item View Item