ULFA KHAIRANI SARAGIH (2018) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181045PIPS-E.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181045PIPS-E.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181045PIPS-E.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181045PIPS-E.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181045PIPS-E.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181045PIPS-E.pdf Download (614kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181045PIPS-E.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181045PIPS-E.pdf Download (558kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181045PIPS-E.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181045PIPS-E.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181045PIPS-E.pdf Download (258kB) | Preview |
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap pembelajaran efektif. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengelolaan kelas yang sudah baik, namun pembelajaran efektif belum maksimal diantaranya siswa kurang memperhatikan guru saat pembelajaran, siswa kurang memahami materi pembelajaran yang telah dijelaskan oleh guru dan siswa yang kurang disiplin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengelolaan kelas dan pembelajaran efektif. Populasi dalam penelitian ini adalah 432 orang siswa dengan jumlah sampel 82 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil uji korelasi maka dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikan 5% (0,791 > 0,312) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh antara pengelolaan kelas terhadap pembelajaran efektif pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Berdasarkan persentase pengaruh pengelolaan kelas terhadap pembelajaran efektif pada mata pelajaran ekonomi sebesar 62,5% berada pada rentang 61%-80% yang dikategorikan baik. Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Pembelajaran Efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 02:39 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 02:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14438 |
Actions (login required)
View Item |