Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Implementasi Pendekatan Humanistik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri se-Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi

Alpriyandi (2018) Implementasi Pendekatan Humanistik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri se-Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendekatan humnistik adalah suatu pendekatan yang melihat seseorang secara utuh. Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, pendekatan humanistik ini lebih mengutamakan studi tentang potensi-potensi yang dimiliki oleh peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pendekatan Humanistik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri se-Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi, dan faktor-faktor pendukung dan penghambatnya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan informan 4 orang guru PAI.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan empat langkah, yaitu: Pengumpulan Data, Penyajian Data, Reduksi Data serta Menarik Kesimpulan dan Verifikasi. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa guru PAI telah mengimplementasikan pendekatan humanistik ini dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan: a) guru telah menerapkan prinsip belajar mengajar dengan kasih sayang, hangat dan terbuka; b) guru telah memberikan kebebasan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung dan dengan infrastruktur yang memadai; c) guru dan siswa telah mendiagnosis masalahmasalah yang muncul selama proses belajar mengajar berlangsung; d) guru telah sebagai fasilitator selama proses pembelajaran berlangsung; e) guru telah memberikan penghargaan kepada siswa; f) guru mampu menerapkan pembelajaran berpusat pada siswa Student Center Learning (SCL); g) guru telah membentuk kelompok atau tim selama proses belajar mengajar berlangsung; serta h) guru telah melaksanakan evaluasi setiap materi yang telah diajarkan. Adapun faktor-faktor pendukungnya: a) guru merasa nyaman dengan menerapkan pendekatan humanistik ini dalam proses belajar mengajar; b) murid ikut menikmati dan terbantu dengan adanya pendekatan humanistik dalam proses belajar mengajar tersebut; c) MGMP guru pun mendorong pelaksanaan pendekatan humanistik ini; d) Motivasi dari guru-guru lain pun ikut mempengaruhi dalam penerapan pendekatan humanistik ini dalam pembelajaran PAI, Sedangkan faktor-faktor penghambatnya: a) guru kurang memahami tentang pendekatan humanistik ini, terutama bila diterapkan pada pembelajaran PAI; b) Minimnya buku/literatur tentang pendekatan humanistik dalam pembelajaran PAI; c) lingkungan sekolah yang sedikit berdekatan dengan keramaian; d) beberapa orang guru belum mencoba menerapkan pendekatan humanistik ini dalam proses belajar mengajar; e) murid salah paham dengan makna kebebasan berpendapat selama proses belajar mengajar. Kata kunci: Pendekatan, Humanistik, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: ?? pddk ??
Divisions: ?? PAI ??
Depositing User: Users 14630 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2019 08:24
Last Modified: 26 Jun 2019 08:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14398

Actions (login required)

View Item View Item