UPAYA GURU EKONOMI MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

AYU NINGSIH, (2018) UPAYA GURU EKONOMI MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20181037PIPS-E.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20181037PIPS-E.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20181037PIPS-E.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20181037PIPS-E.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20181037PIPS-E.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20181037PIPS-E.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20181037PIPS-E.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20181037PIPS-E.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20181037PIPS-E.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (888kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20181037PIPS-E.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA _20181037PIPS-E.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru ekonomi memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas pembelajaran ekonomi hanya terjadi di dalam kelas saja, pembelajaran ekonomi masih berpusat pada guru sebagai sumber belajar utama, guru ekonomi belum mampu menggali potensil ingkungan secara optimal yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar dan kegiatan proses belajar mengajar masih berpatokan pada buku paket ekonomi yang dimiliki oleh guru dan siswa saja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru ekonomi dan objek penelitian ini adalah upaya guru ekonomi memanfaatkan lingkungan fisik sekitar sekolah sebagai sumber belajar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan persentase. Sedangkan metode keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan menggunakan member check. Berdasarkan hasil penelitian tentang upaya guru ekonomi memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dikategorikan baik dengan hasil informan I yaitu 62,22%, sedangkan untuk informan II yaitu 66,67% yang berada pada rentang 61-80%. Kata Kunci: Upaya Guru, Memanfaatkan Lingkungan, Sumber Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 26 Jun 2019 05:00
Last Modified: 26 Jun 2019 05:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14362

Actions (login required)

View Item View Item