MINAT PENGGUNAAN INTERNET DALAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA: KAJIAN PELAKSANAAN PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 22 PEKANBARU

FIRDA SAFIRA, (2018) MINAT PENGGUNAAN INTERNET DALAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA: KAJIAN PELAKSANAAN PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 22 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20181001KI.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20181001KI.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20181001KI.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20181001KI.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20181001KI.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20181001KI.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20181001KI.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20181001KI.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20181001KI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20181001KI.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181001KI.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat penggunaan internet dalam belajar terhadap prestasi belajar siswa: kajian pelaksanaan pelayanan bimbingan konseling di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMPN 22 Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah pengaruh antara minat penggunaan internet terhadap prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Adapun jenis penelitian ini adalah korelasi. Penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling pada penarikan sampel yakni 10% yang berjumlah 92 orang dari jumlah populasi 916 orang. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif persentase dan teknik analisis data regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS versi 20.0 for Windows. Berdasarkan hasil penyajian data pada bab IV, maka dapat disimpulkan bahwa minat penggunaan internet mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa SMPN 22 Pekanbaru, hal ini dibuktikan dengan analisis data bahwa ro (observasi/Rsquare) bila dibandingkan dengan rt (tabel) pada taraf signifikan 5% (0,156<0,205) ini berarti Ha ditolak Ho diterima. ro (observasi/Rsquare) dibandingkan dengan rt (tabel) pada taraf signifikan 1% (0,156>0,267) ini berarti Ha ditolak Ho diterima. Besarnya kontribusi minat penggunaan internet terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Pekanbaru adalah 15,6% hal ini dapat dibuktikan dengan Koefisien Determinasi (R square) adalah 15,6% atau 0,156 x 100% = 15,6%. selebihnya ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar di SMPN 22 Pekanbaru adalah: 1) faktor intern yaitu: jasmani dan psikologi (faktor dari dalam diri siswa yang dapat mempengaruhi prestasi belajar seseorang) 2) faktor ekstern yaitu: keluarga, sekolah dan masyarakat (faktor dari luar diri seseorang tersebut). Kata Kunci: Minat Penggunaan Internet, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 21 Jun 2019 07:42
Last Modified: 21 Jun 2019 07:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14178

Actions (login required)

View Item View Item