Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH GURU SEBAGAI FASILITATOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PEKANBARU

ZULNIATI (2018) PENGARUH GURU SEBAGAI FASILITATOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh guru sebagai fasilitator terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru, penelitian ini dilatar belakangi oleh masih ada siswa yang kurang berkeinginan untuk belajar dan masih ada siswa yang kurang tertarik mengikuti kegiatan belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Tempat penelitian ini yaitu di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dengan objek penelitian adalah pengaruh guru sebagai fasilitator terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 146, dengan sampel sebanyak 107 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa guru sebagai fasilitator pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru dikategorikan baik dengan persentase 78,96% dengan motivasi belajar siswa juga dikategorikan baik dengan persentase 76,455%. Adapun teknik sampel menggunakan teknik stratified rendom sampling. Data yang diperoleh dari hasil angket kemudian di analisis menggunakan teknik analisis kerelasi product moment, untuk menguji hipotesis ini adalah dengan menggunakan regresi linear sederhana dengan nilai korelasi 0,688 (68,8%) dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Dan hasil uji hipotesis dengan r hitung > r tabel atau (0,190 <0,688> 0,248). Sumbangan pengaruh guru sebagai fasilitator terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru adalah sebesar 47,3%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar. Kata kunci: Guru Sebagai Fasilitator, Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? pddk ??
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2019 07:39
Last Modified: 18 Jun 2019 07:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13939

Actions (login required)

View Item View Item