Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHMATEMATIS SISWA DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI01 KAMPAR

DEBY OKTAVIANI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHMATEMATIS SISWA DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI01 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018887PMT.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018887PMT.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018887PMT.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018887PMT.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018887PMT.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018887PMT.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018887PMT.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018887PMT.pdf

Download (677kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018887PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018887PMT.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018887PMT.pdf

Download (414kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan komponen kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran. Salah satu upaya untuk menyikapi masalah kemampuan pemecahan masalah matematis adalah melalui pemilihan model pembelajaran. Model pembelajaran AIR adalah salah satu model pembelajaran yang menekankan pada tiga aspek yaitu Auditory (mendengar), Intellectualy (berpikir), Repetition (pengulangan). Akibat dari 3 penekanan tersebut siswa akan memiliki kemampuan lebih dalam pemecahan masalah dan daya ingat yang kuat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan model pembelajaran AIR dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari pengetahuan awal pada siswa SMP Negeri 01 Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 01 Kampar. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling . Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan rumus Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus uji- (test-t) untuk mengetahui hasil penelitian dan anova dua arah untuk melihat interaksi. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran AIR dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, 2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran AIR dan pengetahuan awal matematis siswa. Secara umum, model pembelajaran AIR berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yang ditinjau dari pengetahuan awal siswa SMP Negeri 01 Kampar. Kata kunci: Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pengetahuan Awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 14 Jun 2019 09:33
Last Modified: 14 Jun 2019 09:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13914

Actions (login required)

View Item View Item