Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DILIHAT DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU

RISKI NUR’AINI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DILIHAT DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018871PMT.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018871PMT.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018871PMT.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018871PMT.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018871PMT.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018871PMT.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018871PMT.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018871PMT.pdf

Download (779kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018871PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB)
[img]
Preview
Text
11. BAB V_2018871PMT.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018871PMT.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran yang diterapkan oleh guru berdasarkan kemandirian tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas VIII SMPN 22 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 22 Pekanbaru. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Porposive Sampling, terpilih kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol yang diberikan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah anova dua arah (two way anova). Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengukur kemandirian belajar siswa dan test digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan siswa yang menggunakan pembelajaran yang diterapkan oleh guru. 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki kemandirian tinggi, sedang, dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi model pembelajaran PBL dan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan temuan 1 dan temuan 2 bahwa dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dilihat dari kemandirian belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 14 Jun 2019 08:04
Last Modified: 14 Jun 2019 08:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13882

Actions (login required)

View Item View Item