PUTRI RETNO WULANDARI (2018) PENGARUH PENGELOLAAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH 3 TERPADU PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018857KI.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018857KI.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018857KI.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018857KI.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018857KI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018857KI.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018857KI.pdf Download (519kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018857KI.pdf Download (450kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018857KI.pdf Restricted to Registered users only Download (790kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018857KI.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018857KI.pdf Download (339kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang terdiri dari dua variabel, yaitu: variabel pengelolaan sarana prasarana pendidikan (X) dan proses belajar mengajar (Y). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan sarana prasarana pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru, proses belajar mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru, dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pengelolaan sarana prasarana pendidikan dan proses belajar mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah pengaruh pengelolaan sarana prasarana pendidikan terhadap proses belajar mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh guru di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru yang berjumlah 34 orang sehingga menggunakan teknik total sampling, yakni menggunakan keseluruhan populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis koefisien determinasi. Berdasarkan hasil dan analisis data ternyata Ha dapat diterima pada taraf signifikan 5% (0,325) dan 1% (0,418) yang dibuktikan dari hasil yang dinyatakan nilai ro(observasi) = 0,431. Berdasarkan hasil dan analisis regresi linear sederhana dinyatakan koefisien b adalah 0,435 dan nilai koefisien a adalah 34,965 yang berarti setiap variabel X bertambah satu, maka rata-rata variabel Y bertambah 0,435. Sedangkan berdasarkan hasil analisis data pada nilai t tabel (2,390) yang dibuktikan dari hasil yang dinyatakan t hitung (2,988). Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pengelolaan sarana prasarana pendidikan terhadap proses belajar mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Besarnya koefisien pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 18,6 %. Kata Kunci: Pengaruh, Pengelolaan Sarana Prasarana Pendidikan, Proses Belajar Mengajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 14 Jun 2019 07:01 |
Last Modified: | 14 Jun 2019 07:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13856 |
Actions (login required)
View Item |